Pemasaran konten bertujuan untuk menciptakan konten yang berharga dan relevan yang mendidik, mencerahkan, atau mendorong pengunjung web ke arah tertentu. Daripada secara langsung memperkenalkan produk dan layanan Anda kepada pelanggan, hal ini berupaya, secara tidak langsung, di bawah radar, mendorong proposisi nilai bisnis Anda kepada klien. Konten yang bagus membangun kepercayaan pengunjung web dan terhubung dengan cara yang membuat mereka merasa dihargai. Strategi pemasaran digital memiliki pemasaran konten sebagai dasar dari saluran penjualan lainnya. Di bawah ini adalah lima manfaat pemasaran konten untuk bisnis Anda.
1. Meningkatkan Traffic Web Anda
Strategi SEO yang hebat harus dimulai dengan strategi konten yang solid. Anda harus serius dengan pemasaran konten untuk mengarahkan lalu lintas yang relevan ke situs web Anda. Menurut Liberty Interactive Marketing, taktik SEO yang paling efektif adalah membuat konten yang relevan, seperti yang dibuktikan oleh 72% pemasar di seluruh dunia. Hal baiknya adalah Google menempatkan situs web dengan konten asli, relevan, dan bermanfaat di bagian atas halaman hasil mesin pencari (SERP). Saat Anda menghasilkan konten yang berharga dan unik, situs web otoritas tinggi lainnya akan berusaha menautkan kembali ke situs Anda, sehingga semakin meningkatkan visibilitas Anda di mesin pencari.
2. Mendorong Lebih Banyak Penjualan
Dengan peningkatan visibilitas di mesin telusur, Anda akan melihat lebih banyak tindakan di saluran penjualan saat lalu lintas diterjemahkan menjadi prospek dan prospek berubah menjadi penjualan. Hal baiknya adalah Anda melakukan penjualan dan menampilkan bisnis Anda kepada ribuan pelanggan potensial. Triknya adalah memastikan konten yang Anda keluarkan unik dan bermanfaat. Apakah mereka pindah agama atau tidak, setidaknya hal itu akan menguntungkan mereka.
Anda juga harus terus-menerus menyegarkan konten dan mendesain ulang situs web Anda. Hal terakhir yang Anda inginkan adalah menampilkan konten basi di situs web membosankan yang terlihat seperti sepuluh tahun lalu. Menurut penelitian dan beberapa survei, Anda harus mendesain ulang situs web perusahaan Anda setiap dua atau tiga tahun, seperti yang disarankan oleh 62% perusahaan pemasaran. Pada akhirnya, pemasaran konten yang efektif menghasilkan konversi, terkadang secara langsung dan di waktu lain di kemudian hari.
3. Peningkatan Layanan Pelanggan
Pikirkan berapa kali staf layanan pelanggan Anda harus menjawab pertanyaan yang sama. Kemungkinan besar, mereka melakukan ini setiap hari. Namun, Anda dapat mempersingkat waktu dengan memposting blog informatif tentang pertanyaan paling umum yang diajukan bisnis atau layanan Anda. Ini adalah cara efektif untuk memberikan layanan pelanggan yang lebih baik karena kebanyakan orang pertama kali mencari jawaban melalui pertanyaan online. Saat blog Anda menjawab FAQ rutin tentang bisnis Anda, staf Anda dapat fokus pada hal-hal penting.
4. Konten Hebat Memposisikan Bisnis Anda sebagai Otoritas di Industri Anda
Jika ada atribut yang laku, maka itu adalah otoritas produk atau layanan. Misalkan calon pelanggan melihat perusahaan Anda sebagai tempat mencari informasi yang kredibel dan dapat ditindaklanjuti. Dalam hal ini, mereka akan mengunjungi situs Anda sebelum memeriksa kompetisi, dan jika konten Anda bagus, maka mereka akan tetap tinggal. Dengan lebih banyak otoritas konten, Google akan memandang halaman web Anda dengan baik dan memberi peringkat lebih tinggi di mesin pencari.
5. Membangun Kesadaran Merek
Cara unik untuk membangun kesadaran merek untuk bisnis Anda adalah dengan memasukkan pemasaran konten ke dalam strategi pemasaran digital Anda. Untuk membuat merek Anda menonjol di pasar yang ramai, terapkan apa yang disebut HubSpot sebagai Strategi Suara Sekitar. Strategi ini bertujuan agar konten atau merek Anda terlihat di mana pun calon pembeli Anda berada, bukan hanya agar mendapat peringkat lebih tinggi di mesin pencari.
Cara terbaik untuk menerapkan strategi ini adalah dengan menulis blog tentang topik yang menarik bagi pelanggan Anda agar mereka menghubungkan konten unggulan Anda dengan merek kuat Anda. Pada akhirnya, Anda akan meningkatkan kesadaran merek Anda dengan mengembangkan konten mutakhir yang ingin dibagikan orang-orang di berbagai platform. Menurut The Social Shepherd, kurasi dan pembuatan konten adalah dua keterampilan pemasaran digital yang paling populer, yaitu sebesar 42%, setelah periklanan digital (45%).
Pemasaran konten yang efektif harus menunjukkan keahlian Anda di bidang tersebut. Itu harus menjawab pertanyaan pengunjung web Anda seakurat dan setepat mungkin. Untuk memahami seberapa efektif konten web Anda, sertakan metrik penilaian konten ke dalam kampanye Anda. Saat Anda mengukur dampak konten Anda, terus sesuaikan dan tingkatkan dengan menawarkan nilai yang lebih baik kepada audiens target Anda.